7 Cara Sederhana Mengatur Posisi Sadel



Mengatur ketinggian sadel sepeda dengan benar sangat penting agar dapat bersepeda dengan nyaman, mengayuh dengan efisien, dan menghindari cedera. Untungnya mengatur posisi sadel sangat mudah, Anda hanya butuh 7 cara sederhana berikut : 

1. Jika tinggi sadel Anda sesuai, pinggul Anda akan stabil di atas sepeda dan tidak bergoyang saat mengayuh. Saat kaki Anda berada pada posisi paling rendah saat mengayuh, kaki Anda akan sedikit menekuk, tidak sepenuhnya lurus atau melengkung :

  •  Lutut Anda harus ditekuk sekitar 25 derajat, sama seperti saat berdiri tegak saat berolahraga, cukup dengan sedikit menekuk.
  •  Jika Anda tidak memiliki meteran pengukur, gunakan hal berikut sebagai pedoman Anda untuk mengatur tinggi sadel: lutut yang sedikit tertekuk, pinggul sejajar saat mengendarai sepeda, dan kayuhan sepeda yang nyaman.
 2.  Ukur Inseam anda jarak dari selangkangan ke lantai Anda yang diukur dari bagian dalam kaki Anda. Untuk mengukur inseam dengan akurat:

  •  Jepit buku di bawah selangkangan Anda seakan sedang duduk di sadel
  •  Renggangkan kaki selebar 15 cm
  •  Ukur jarak inseam Anda dari punggung buku ke lantai
  •  Kalikan jarak inseam dengan 1,09. Angka yang dihasilkan akan menjadi jarak yang harus disesuaikan antara bagian atas kursi sepeda dan poros pedal Anda. Contoh: jarak inseam 73,7 cm, dikalikan 1,09 sama dengan 80,3 cm. Jadi, sesuaikan jarak antara bagian atas sadel dan poros pedal Anda menjadi 80.3 cm
3.  Pelajari cara menyesuaikan pos sadel Anda. Pos sadel dapat dikendurkan dan diatur pada pertemuan antara pos sadel dan frame (rangka) sepeda. Anda dapat membuka tuas pelepas cepat pada bagian bawah pos kursi dan mengaturnya secara manual. Jika terdapat braket kecil dengan baut di dalamnya, maka pos kursi Anda dikencangkan dengan baut. Gunakan kunci L atau kunci inggris untuk mengendurkan baut sehingga pos kursi dapat digerakkan

4.  Sesuaikan ketinggian sadel dengan ukuran Anda. naikkan atau turunkan pos sadel secara perlahan sampai mendapat tinggi yang sesuai. Tandai ukuran Anda pada pos sadel, jika pos sadel selip atau teman Anda meminjam sepeda, Anda dapat dengan mudah mengaturnya kembali.

5.  Kencangkan sadel. Tekan tuas pelepas cepat ke posisi terkunci atau kencangkan kembali baut dengan kunci L atau kunci inggris sampai pos kursi tidak dapat digerakkan. Tak perlu terlalu kencang atau nanti Anda tidak dapat membukanya kembali.

6.  Cek pengaturan Anda dengan mencoba mengendarai sepeda. Cobalah berkendara pelan dengan sepeda Anda. Pastikan Anda dapat menjangkau pedal dan naik ke sepeda dengan mudah, serta lutut Anda tidak terkunci. Cobalah berdiri saat mengayuh sepeda untuk memastikan apakah Anda dapat turun dari sadel dengan mudah. Pastikan posisi sadel mengarah ke depan atau Anda tidak akan nyaman berkendara.

  •  Letakkan telapak kaki Anda di atas pedal saat berkendara. Lutut Anda akan sedikit tertekuk (sekitar 25 derajat) saat pedal berada pada posisi terendah. Ini adalah tinggi sadel optimal Anda
  •  Jika Anda memiliki pedal tipe jepit, pastikan Anda menggunakannya saat mencoba bersepeda karena akan memengaruhi dalam bersepeda
  •  Setiap orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda, gunakan ukuran inseam Anda sebagai titik awal, lalu atur sepeda Anda agar nyaman bersepeda
7.  Atasi masalah dengan sedikit menaikkan atau menurunkan ketinggian sadel. Jika lulut Anda sakit, kemungkinan besar masalahnya ada pada ketinggian sadel. Mungkin ada sebab lain tergantung dari jenis sakitnya. Jika sakit lutut Anda tidak hilang dengan mengatur ketinggian sadel, Anda sebaiknya pergi ke dokter.

  •  Jika bagian belakang lutut Anda terasa sakit, berarti sadel Anda terlalu tinggi
  •  Jika bagian depan lutut Anda terasa sakit, berarti sadel Anda terlalu rendah
  •  Pinggul Anda harus kokoh dan tidak goyang saat mengayuh. Jika pinggul Anda bergerak-gerak saat mengayuh, berarti sadel Anda terlalu tinggi
Nah itu tadi adalah 7 cara sederhana mengatur posisi sadel menurut beberapa sumber yang sudah kami rangkum dalam blog kali ini. Jangan lupa juga kunjungi Video kami tentang mengatur tinggi sadel DISINI, Terimakasih atas kunjungan kalian dan sampai jumpa di pembahasan selanjutnya Salam Sehat.

Comments

  1. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

APA ITU CRITERIUM ?

7 Manfaat Olahraga Bersepeda Rutin yang Bisa Kamu Dapatkan