Tekhnik Bersepeda Menanjak Untuk Pemula




Bersepeda tentunya olahraga yang sangat menyenangkan , rute dan trek yang kita tempuh tentunya sangat beragam. Trek yang cenderung flat dan turun tentunya tidak memberikan banyak masalah bagi kebanyakan orang, akan tetapi bagaimana kalau kita menemukan rute Menanjak ?
 
Sebagai seorang pesepeda pemula, bersepeda mendaki mungkin sedikit menakutkan, ketika Anda memecahnya menjadi kayuhan-kayuhan yang dikelola dengan baik dan logis, Anda akan dengan mudah menaklukan tanjakan .Ketika kita sudah merasa bersepeda di rute menanjak sangat menyenangkan, alangkah baiknya kalian juga menyimak beberapa Tekhnik bersepeda di rute menanjak di bawah ini :

  • Mengambil kecepatan pada jalan yang datar beberapa saat ketika hendak memasuki jalur menanjak. Pindahkan gir/speed ke gir yang lebih kecil agar mempercepat kecepatan kayuhan pedal Anda.
  •  Melakukan dorongan/pressing keras pada pedal dan mengarahkan tekanan di seluruh pedal ketika Anda mulai memasuki jalur menanjak.
  •  Mempertahankan pola pernapasan Anda untuk memasok oksigen pada otot-otot yang sedang bekerja. Menjaga pinggul Anda tetap dekat di bagian belakang sadel ketika duduk dan menjaga punggung lurus untuk memastikan agar dada dan paru-paru tetap terbuka.
  •  Mengencangkan perut Anda dan merendahkan kepala ke arah sepeda untuk mengurangi hambatan angin dan meningkatkan kecepatan Anda.
  •  Menanjak dengan zig-zag. Hal ini dapat mengurangi gaya gravitasi bumi agar beban saat menanjak akan terasa lebih ringan. Namun untuk melakukan tips ini harus waspada dan hati-hati jika ada kendaraan dari arah depan ataupun belakang.
  •  Tips jitu terakhir adalah semangat dan juga optimis. Dengan di dasari keyakinan yang kuat, kalian dapat menghadapi rintangan tanjakan di pegunungan manapun. Namun harus di imbangi dengan istirahat. 

Gimana gaes tentang beberapa tekhnik yang kami rangkum di atas, pastinya kita juga membutuhkan kondisi tubuh yang 100% Fit untuk bersepeda di rute menanjak. Untuk lebih jelasnya kalian juga bisa cek Video DISINI dan DISINI. Oke mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan pada pembahasan kali ini jangan lupa untuk selalu menjaga kebugaran tubuh kalian dan Salam Sehat.

Comments

Popular posts from this blog

7 Cara Sederhana Mengatur Posisi Sadel

APA ITU CRITERIUM ?

7 Manfaat Olahraga Bersepeda Rutin yang Bisa Kamu Dapatkan